Rabu, 13 Januari 2010

Teknik Pembuatan animasi 2D dalam Macromedia Flash

Animasi dibuat dengan mengubah dan memindahkan suatu objek pada setiap frame. Pembuatan animasi bila dilakukan terhadap suatu objek atau banyak secara bersamaan.
Pada dasarnya ada tiga teknik pembuatan animasi dalam flash:
a. Animasi frame, – yaitu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Pada animasi frame, kitra harus secara manual membuat objek pada setiap frame. Ini merupakan cara yang digunakan dalam pembuatan animasi tradisional

b. Animasi bentuk – Motion Shape , – yaitu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.
Yang dimaksud dengan animasi bentuk dalam flash adalah Anda membuat suatu bentuk pada awal frame dan kemudian mengubah bentuknya di akhir frame, flash yang mengerjakannya perubahan bentuk tersebut untuk anda sehingga menjadi suatu animasi.
Selain membuat perubahan bentuk, dalam waktu yang bersamaan Anda juga bisa memberikan efek perubahan warna, ukuran dan lokasi.
Flash tidak dapat mengubah bentuk gambar bitmap, teks, objek gabungan, dan symbol, untuk membuat animasi bentuk terhadap objek-objek tersebut Anda harus mematahkannya terlebih dahulu dengan menggunakan Break Apart.

c. Animasi gerakan – Motion Tween, – yaitu animasi yang dibuat dengan memindahkan posisi suatu objek. Pada animasi gerak di Flash bisa didefinisikan perubahan posisi, ukuran, warna, dan rotasi suatu objek pada awal keyframe dan akhir keyframe. Animasi gerak hanya dapat digunakan untuk objek gabungan dan smbol. Objek yang kita buat di stage akan berubah langsung menjadi symbol sewaktu kita membuat animasi gerak. Ini perbedaan utama dengan animasi bentuk yang justru tidak dapat bekerja pada objek gabungan dan harus menggunakan objek yang dapat dibentuk ulang agar dapat dibuat menjadi animasi.

Untuk pembuatan animasi yang komplek, ketiga teknik ini dapat digunakan secara bersamaan.

Tidak ada komentar: